Free SEO

Free SEO Tools adalah tools yang sangat dicari-cari oleh blogger yang ingin mengoptimalkan SEO baik web/blognya. banyak tools SEO yang tersedia namun pada kebanyakan hal itu ternyata harus mengeluarkan biaya alias berbayar. browsing kesana-kemari akhirnya saya mendapatkan beberapa SEO tools gratis/Free SEO Tools yang sangat bermanfaat untuk optimasi SEO blog sobat sekalian. meskipun free, hal ini tidak kalah hebat dengan SEO tools berbayar, meskipun ada sisi kekurangannya, tapi hal itu perlu kita maklumi dan kita sangat harus berterimakasih dengan penyedia SEO tools gratis ini. bicara panjang lebar masalah SEO memang gak ada habisnya, untuk newbie seperti saya ini, terkadang pusing membicarakannya he...
lanjut ke topik pembicaraan, 

Google Adwords Keyword Tool (https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal). Berguna untuk melakukan cek keywords atau kata kunci dengan memperhatikan kompetitor, jumlah pencarian pada bulan sebelumnya, rata-rata jumlah pencarian, dan relevansi terhadap alternatif kata kunci yang lain yang masih berkaitan dengan keyword yang dicari. Sebelum membuat blog, pastikan untuk menebak keyword terlebih dahulu agar mudah dalam melakukan posting dan menentukan tag blog kita. Setelah membuat blog dengan menggunakan kategori tertentu (Contoh : Tutorial Blog, Belajar SEO), maka tidak ada salahnya melihat pula distribusi keywords di tool ini. Carilah kata atau frase kata yang berhubungan dengan kata kunci "Tutorial Blog, Belajar SEO" dan mempunyai kompetitor yang tidak terlalu banyak, tapi tidak pula terlalu sedikit (antara 3000 - 5000). Apabila terlalu banyak, kemungkinan peluang blog yang telah dibuat sangat kecil kemungkinan terindeks search engine pada halaman 1-5. Apabila terlalu sedikit, malah membuat blog anda tidak akan ada pengunjung karena hampir tidak ada yang melakukan pencarian dengan kata kunci yang telah dibuat.

Wordtracker Free Keyword Sugeestion Tool (http://free keywords.wordtracker.com). Kegunaannya hampir sama persis dengan "Google Adwords Keyword Tool", perbedaannya hanya terletak dari tampilannya saja. Tool ini akan menampilkan lebih dari 100 daftar keywords yang berkaitan dan prakiraan jumlah pencarian per-hari berdasarkan pada keywords yang telah anda buat sebelumnya. Mungkin anda bertanya "Sobat Rizal, kan sudah ada Google Adwords Keyword Tool, mengapa tool ini direview juga?" jawabannya adalah tidak ada tool pencarian kata kunci yang 100% akurat, jadi penggunaan lebih dari satu tool pencarian kata kunci adalah lebih baik agar sobat sekalian dapat memperoleh kata kunci yang benar-benar baik dan relevan berdasarkan beberapa sumber.

Keyword Rank Checker Tool (http://www.seocentro.com/tools/search-engines/keyword-position.html). Berguna untuk melakukan tracking cek terhadap peringkat suatu kata atau frase dari keyword. Tool ini akan menampilkan posisi blog sobat dalam daftar google search engine dan berusaha melakukan perbandingan dengan URL para kompetitor lain.

Link Popularity Checker Tool (http://www.market leap.com/publinkpop). Berguna untuk melakukan cek terhadap jumlah backlink ke blog sobat, baik melalui Google maupun Yahoo search engine. Semakin banyak link yang merujuk ke blog sobat, maka semakin baik pula ranking blog yang akan kamu dapatkan, sejauh link yang dimaksud memiliki kualitas yang bagus juga.\


Sitemap Generation Tool (http://www.xml-sitemaps.com). Berguna untuk melakukan generalisasi (mengumpulkan informasi) terhadap blog sobat ke dalam formal XML atau HTML.

Social Marker Bookmarking Tool (http://www.social marker.com). Berguna untuk melakukan bookmark terhadap isi (content) blog kamu dalam beberapa layanan sosial bookmark. Kadang pengunjung blog lebih menyukai layanan ini dibanding ia harus mencari di search engine, sebab umumnya layanan bookmarking mempunyai kategori direktori tertentu. Sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari sebuah blog dengan kategori tertentu tersebut. Bahkan beberapa layanan bookmarking menyertakan back link ke blog kamu, coba bayangkan jika sebuah layanan sosial bookmark ber-PR5 telah me-submit blog sobat, lumayan kan backlink yang didapat!.

Website Grader (http://website.grader.com). Berguna dalam melakukan optimasi dan memulai untuk promosi blog kamu. Tool ini juga akan memberi anda advice tentang bagaimana cara meng-optimal-kan area blog yang potensial untuk dilakukan perbaikan dengan memeriksa kekurangan dan kesalahan dalam optimasi.

Free SEO Tools diatas adalah SEO Tools Gratis yang biasa saya gunakan, dengan menggunakan SEO Tools tersebut, sedikit demi sedikit SEO yang dikembangkan mengalami perubahan dan terasa manfaatnya. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat blogger sekalian. selamat mencoba Free SEO Tools ini.
*Sumber: http://asrizalwahdanwilsa.blogspot.com/

----Semoga Bermanfaat----
Terima kasih sudah singgah di blog ID CREATIVE   «« jangan lupa tinggalkan komentarnya "thanks.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Powered by Blogger