Hal Kecil Menjadi Besar

Paidjo (42) bekerja sebagai pengumpul sampah di daerah Gendeng, Timoho. Sampah-sampah tersebut dikumpulkan dan akhirnya akan di bakar atau dihancurkan untuk menghindari wabah penyakit. Saat ditanyai mengapa memilih bekerja sebagai pengumpul sampah, Paidjo hanya menjawab dengan sederhana, “sangat sdikit orang yang mau memilih pekerjaan ini, orang-orang sekarang lebih memilih pekerjaan meminta-minta ataupun pekerjaan haram daipada harus memungut sampah.” Tuturnya. Pekerjaan ini termasuk pekerjaan yang tidak mudah mengingat para pengumpul sampah harus selalu berkutat dengan sampah setiap saat.”hasil yang berupa uang memang tidak banyak, namun saya sangat puas, karena pekerjaan saya ini mempunyai manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar” tuturnya kembali.

Bapak Paidjo juga pernah mendapatkan cobaan karena dalam sebulan masa kerjanya ia tidak di gaji sama sekali. Itu hanya dikarenakan pembayaran banyak warga yang lupa untuk menyetor uang sampah kepada Ketua RT, dan anehnya kenapa masyarakat begitu kompak untuk tidak membayar jasanya, sampai sekarang keanahan itupun belum menemukan jawabannya namun pak Paidjo hanya bersikap sabar dan ikhlas saja. Paidjo todak pernah mau berpikiran buruk terhadap siapapun, itulah sebagian prinsipnya.

Bisa kita bayangkan bila dalam satu komplek tidak ada yang mengurus sampah bagaimana keadaan komplek kita? Pasti tidaklah membuat nyaman. Dan pasti juga komplek dimana kita tinggal akan diserang berbagai wabah penyakit. Oleh karena itu hargailah orang yang dengan berjiwa besar mau bekerja sebagai pengumpul sampah, karena sejatinya pekerjaan tersebut tidaklah mudah dan membutuhkan pengorbanan yang sangat besar. Walaupun pengorbanannya besar dan di gaji sedikit, Paidjo tetap besyukur atas pekerjaannya.

Penulis : Khairun Nisaa Abdillah
Terima kasih sudah singgah di blog ID CREATIVE   «« jangan lupa tinggalkan komentarnya "thanks.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Powered by Blogger