Lebih Baik Bekerja Keras daripada Meminta-minta

Parno (nama samaran) adalah contoh teladan bagi kita yang lebih senang mendapatkan sesuatu dengan hal yang mudah daripada harus bekerja keras. Pak Parno adalah penjual koran di perempatan lampu merah Brimob, Yogyakarta. Ia lebih memilih untuk berjualan koran sementara kondisi kesehatannya yang sangat memprihatinkan. Pak Parno menderita Struk dan membuat ia tidak dapat berucap dengan jelas, karena alasan itu pula disini ia diberi nama samaran.

Demi sesuap nasi dia rela untuk berjualan koran walaupun kondisi yang sangat tidak memungkinkan. Ia juga tidak mau untuk memasukkan sesuatu de dalam tubuhnya hanya dengan meminta-minta. Sementara mungkin sering kita jumpai Ibu-ibu yang belum begitu tua, para pemuda, maupun anak keci yang belum pantas untuk bekerjapun mereka lebih baik meminta daripa bekerja keras. Begitukah mental orang pada jaman sekarang? Ironis memang, mengingat umur yang masih memungkinkan untuk bekerja namun mereka lebih memilih untuk meminta daripada bekerja keras.

Hanya dengan semangat hidup yang tinggi dan keteguhan hati semua itu terjadi. Dengan kondisinya yang seperti itu Pak Parno tidak pernah mengeluh dan hanya ia syukuri. Karena menurutnya mengeluh seperti apapun tidak akan mengubah keadaannya. Ia hanya ingin menghabiskan sisa waktunya hanya untuk beribadah dan memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya, ia juga sangat berusaha untuk tidak menyusahkan orang lain karena keadaannya yang seperti itu termasuk kepada keluarganya sekalipun.

Pak Parno secara langsung mengajarkan kepada kita untuk tidak mengeluh setiap kali menerima cobaan apapun, tetap jalani dengan hati yang bersih, keteguhan hati dan ikhlas. Roda pasti akan berputar, adakalanya kita diberi sedikit cobaan dan adakalanya juga kita diberi keadaan yang sempurna. Semua masih tergantung dari kita masing-masing bagaimana memaknai suatu cobaan tersebut. Jadilah seperti Pak Parno yang tidak pernah mengeluh, tidak mau menyusahkan orang lain, dan mempunyai semangat hidup yang tinggi.

Penulis : Khairun Nisaa Abdillah
Terima kasih sudah singgah di blog ID CREATIVE   «« jangan lupa tinggalkan komentarnya "thanks.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Powered by Blogger