Tips manajemen emosi agar menjadi kreatif "creative"

Apakah kita harus menjadi kreatif baru dikatakan manusia? Jawabannya tidak karena setiap orang pada dasarnya adalah sudah kreatif. Menurut profesor psikologi dan pendidikan Keith Sawyer, Ph.D, kreativitas bukan suatu ciri kepribadian seperti halnya IQ. Kreativitas lebih didasarkan pada proses-proses otak sehari-hari. Artinya, kreativitas bisa diusahakan atau dilatihkan.
Menjadi Kreatif
Sebelunya pernah saya posting faktor0faktor penghambat kreatif "ide creative"
Keith menawarkan tiga cara mudah untuk menjadi orang yang lebih kreatif:

1. Lihatlah ke dalam diri, dan cobalah membuka sumbat proses otak sehari-hari. Salah satu caranya dengan menggabungkan dua konsep atau ide dalam pikiran yang tadinya sama sekali tidak berhubungan. Semakin Anda mampu menggabungkan dua konsep yang hubungannya tampak jauh atau bahkan sama sekali tidak berkaitan, semakin kreatiflah kita.

2. Mengasah kreativitas dengan memperbanyak diskusi dengan orang lain. Lalu berkolaborasi dan berdikusi menggodok ide/konsep. Baru kemudian formulasi atau rumuskan ide menjadi lebih tajam/fokus.

3. Berpikir di luar kebiasaan (think out of box). Artinya, berpikirlah melewati kerangka berpikir yang selama ini terbentuk. Latihan ini akan membuat Anda terbiasa melihat sesuatu (benda atau permasalahan) secara berbeda. Sumber : http://majalahqalam.com/tips/cara-mudah-menjadi-kreatif/
Terima kasih sudah singgah di blog ID CREATIVE   «« jangan lupa tinggalkan komentarnya "thanks.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Powered by Blogger