Perbedaan Pers Kampus, Pers Umum dan Mading

Jadi perbedaan antara Mading, Pers mahasiswa, dan pers kampus adalah hanya pada oramg yang bergelut di bidang tersebut. Mading di buat untuk melatih siswa-siswa sekolah untuk menulis, pers mahasiswa adalah melatih mahasiswa untuk lebih menekuni dunia tulis-menulis, sedangkan pers umum adalah dikerjakan oleh orang yang sudah profesional.
Majalah Dinding
MAJALAH dinding atau yang lebih dikenal dengan mading merupakan media massa di suatu sekolah. Isinya beragam, mulai dari hasil karya siswa, buah pikiran guru maupun karya-karya kreatif dan informasi lainnya. Intinya, mading adalah surat kabarnya sekolah.

Keberadaan mading tak ubahnya seperti kehadiran surat kabar di masyarakat. Mading memberikan informasi terkini kepada masyarakat sekolah. Dengan membaca mading, diharapkan keluarga besar sekolah bisa mengetahui lebih cepat dan lebih luas informasi yang ada di sekolah maunpun informasi lain tentang perkembangan dunia pendidikan.

Fungsi mading sebagai media, juga dapat menjadi jembatan informasi antara guru dengan siswa, guru dan kepala sekolah, dan bahkan tidak tertutup kemungkinan, mading menjadi jembatan sekolah dengan masyarakat sekitar.

Pers Umum

Ciri-ciri Pers umum:

1. Dikelola Oleh orang yang berpengalaman di bidangnya.
2. Memiliki modal yang besar untuk perkrmbangannya.
3. Memiliki struktur yang jelas.


Pers Kampus
Pers kampus, sebagai bentuk organisasi mandiri idealnya harus lembaga yang mampu memberikan informasi yang jernih dan akurat. Tanpa ada manipulasi sedikit pun, sekaligus menghapus bayang-bayang kediktatoran penguasa yang selama ini mengintervensi segala bentuk kekritisan. Baik di dalam tataran universitas maupun di lingkungan masyarakat luas umumnya.Pers umum adalah pers yang di kelola oleh suatu lembaga yang memiliki modal besar, di kerjakan secara profesional.


Permasalahan signifikan yang dihadapi pers kampus dalam perjuangannya, tidak bisa dipungkiri masalah modal dan ruang. Adanya modal, akan tercipta ruang untuk berkreasi. Modal adalah unsur sentral di dalam perjalanan sebuah media penerbitan, di manapun.

Penulis : Khairun Nisaa Abdillah
Terima kasih sudah singgah di blog ID CREATIVE   «« jangan lupa tinggalkan komentarnya "thanks.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Powered by Blogger